MagzNetwork

Jurusan BSA dan SKI Terakreditasi untuk Tahun 2007-2013

Diposting oleh Fakultas Ilmu Budaya - Adab | 13.51 | | 1 komentar »


Padang, 2 Januari 2009. Mahasiswa jurusan Bahasa dan sastra Arab (BSA) dan jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang mulai awal tahun ini boleh merasa lega, karena sejak Desember yang lalu, kedua jurusan ini telah dinyatakan TERAKREDITASI oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Menurut Dekan Fakultas Adab Drs. Irhash A. Shamad, M. Hum. pengolahan bahan akreditasi jurusan BSA dan SKI yang dimulai dengan pengisian eva prodi, penyediaan data dan perumusan Evaluasi Diri, pengisian borang akreditasi beserta kelengkapan lampiran-lampiran yang diperlukan, telah secara intensif dilakukan oleh PSIF bersama kedua jurusan sejak bulan Maret 2008. Semua kelengkapan persyaratan akreditasi kedua jurusan ini, dapat dituntaskan pada akhir juni 2008 dan dikirim ke BAN-PT tanggal 26 Juni 2008 dengan menugaskan Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum untuk mengantar langsung ke BAN PT di Jakarta.

Sedangkan pelaksanaan visitasi (field assessment) untuk jurusan SKI dilaksanakan pada tanggal 12-13 September 2008 oleh 2 orang Assesor dari BAN-PT, yaitu : Prof. Dr. Ali Mufrodi (UIN Surabaya) dan Prof. Dr. H. Amany Lubis (UIN Jakarta), disusul kemudian visitasi jurusan Bahasa dan Sastra Arab dilaksanakan pada tanggal 17-18 Oktober 2008 oleh assessor : Prof. Dr. Aziz Fakhrurrozy dari UIN Jakarta dan Dr. Ainin dari UIN Malang.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 026/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008 tanggal 24 Oktober 2008, maka jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) dinyatakan telah TERAKREDITASI : B dengan nilai 351 yang berlaku hingga 24 Oktober 2013. Beberapa waktu setelah itu disusul pula dengan Surat Keputusan Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008 tanggal 13 Nopember 2008, yang menyatakan bahwa jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) TERAKREDITASI B dengan nilai 319 dan berlaku hingga 13 Nopember 2013.

Menurut dekan, dengan keluarnya SK BAN-PT untuk jurusan BSA dan SKI pada akhir tahun 2008, maka fakultas Ilmu Budaya Adab menjadi yang pertama menyelesaikan akreditasi jurusan di lingkungan IAIN Imam Bonjol, dan sekaligus merupakan kabar baik yang dapat melegakan semua civitas akademika fakultas, terutama bagi mahasiswa kedua jurusan. Sementara jurusan-jurusan lainnya segera akan menyusul, karena saat ini sedang dalam proses izin. Diharapkan pada tahun 2009 ini masalah pengurusan legalisasi semua jurusan dapat diselesaikan.(a1)

1 komentar

  1. Ridhotillah // 18 April 2009 pukul 23.31  

    saya masih bingung jurusan BSI kapan ya diakreditasi?? Bagaimana status kami yang akan lululus dari jurusan ini Buk jurusan dan pak dekan terhormat?????????????????????????????

Posting Komentar