MagzNetwork

Pembekalan Praktikum Keislaman FIB-A

Diposting oleh Fakultas Ilmu Budaya - Adab | 14.28 | , | 0 komentar »

Praktikum keislaman adalah salah satu rangkaian praktikum yang akan melengkapi tujuan kurikuler dalam rangka melengkapi kompetensi afektif dan psikomotorik mahasiswa. Praktikum keislaman ini penting sebagai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh lulusan IAIN sebagai perguruan tinggi Islam yang berorientasi ke masyarakat, demikian disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya-Adab Drs. Irhash A. Shamad dalam sambutannya pada acara pembukaan pembekalan Praktikum Keislaman di Aula Fakultas Adab Minggu 15 Nopember 2009.

Selanjutnya dikemukakan, selama proses kuliah di fakultas Ilmu Budaya-Adab ini, mahasiswa akan mendapatkan penambahan bobot kompetensi afektif dan psikomotorik pada aspek pengetahuan kognitif keislaman, pengamatan budaya, keterampilan penunjang, dan kompetensi profesionalitas keilmuan. Kompetensi keislaman merupakan standar kemestian yang harus dimiliki sebagai penciri sarjana muslim, pengamatan budaya menjadi standar kompetensi selaku sarjana Ilmu Budaya-Adab, keterampilan penunjang merupakan standar kompetensi intelektual dalam komunikasi ilmiah di era global, dimana seorang sarjana harus menguasai teknologi informasi (computer/internet) dan bahasa asing, sedangkan kompetensi professionalitas menjadi penciri kesarjanaan dalam suatu bidang keilmuan spesifik sesuai dengan jurusan masing-masing, demikian Dekan menambahkan.

Pembantu Dekan III Dr. Firdaus M.Ag. selaku penanggung jawab pelaksanaan praktikum ini mengemukakan bahwa kegiatan lapangan praktikum keislaman akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, dimana sekelompok praktikan ditempatkan di masjid-masjid untuk menggelar berbagai kegiatan keislaman disamping aktif menjadi penyelenggara kegiatan-kegiatan rutin masjid tersebut. Sebelum pelaksanaan praktikum ke lapangan para praktikan diberikan pembekalan untuk menjembatani pengetahuan kognitif yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasinya di tengah-tengah masyarakat.

Dikemukakan juga bahwa praktikum keislaman pada tahun ini diikuti oleh 135 mahasiswa semester III semua jurusan dan akan ditempatkan di delapan masjid yang berada di sekitar kampus IAIN Imam Bonjol. Ditambahkannya, dalam pembekalan ini akan diberikan materi-materi keislaman dan kemasyarakatan serta pendalaman pengetahuan oleh nara sumber yang berkompeten, sehingga diharapkan pada saatnya mahasiswa diterjunkan ke lapangan dapat betul-betul tampil sebagaimana yang diharapkan.



0 komentar

Posting Komentar