MagzNetwork

Ceramah Sastra " Proses Kreatif Kepengarangan "

Diposting oleh Fakultas Ilmu Budaya - Adab | 21.25 | | 0 komentar »


Padang, 24 Maret 2010. Bertempat di Aula (baru) Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang dilaksanakan Ceramah Sastra oleh Prof. Dr. Haris Effendi Thahar, cerpenis kondang asal Sumatera Barat, Guru Besar Sastra Universitas Negeri Padang. Penyelenggaraan Ceramah Sastra ini mengangkatkan topik "Proses Kreatif Kepengarangan". Topik ini adalah sangat relevan dengan bidang keilmuan yang didalami pada Fakultas Ilmu Budaya Adab, karena, disamping kompetensi dalam melahirkan karya tulis merupakan bagian esensial dunia perguruan tinggi, juga pelahiran karya sastra adalah ekspressi dari keperihatinan terhadap realitas sosial pada zamannya. Pada bagian lain, karya sastra juga terbukti mememiliki kekuatan dalam perubahan sosial sebagaimana terlihat pada sejarah masalalu bangsa ini. Demikian disampaikan oleh Dekan FIB-Adab Drs. Irhash A. Shamad, M. Hum dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan ini. Selanjutnya Dekan menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kepala Balai Bahasa Padang dengan telah dipilihnya FIB-Adab sebagai penyelenggara kegiatan ini dengan harapan kiranya kegiatan seperti ini akan berlanjut untuk masa-masa yang akan datang.

Hal itu kemudian ditimpali oleh Dr. Eva Krishna, mewakili Kepala Balai Bahasa Padang. Dalam sambutannya Dr. Eva Krishna mengemukakan bahwa kegiatan ceramah sastra ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan secara rutin oleh Balai Bahasa dalam rangka pengembangan bahasa di kampus-kampus perguruan tinggi. Karena itu kesediaan FIB-Adab ini patut dihargai, dan berharap untuk program yang akan datang FIB-Adab masih bersedia sebagai penyelenggara untuk skala yang lebih luas lagi, demikian Dr. Eva Krishna.

Ceramah sastra yang disampaikan oleh Haris Effendi Thahar dengan gaya santai dan penuh humor dan sarat informasi ini mendapat sambutan dengan sangat antusias dari mahasiswa dan dosen yang hadir. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang nimbrung bicara pada sesi dialog pada akhir ceramah ini. Acara Cermah Sastra ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Balai Bahasa Padang kepada Dekan FIB-Adab dan sebaliknya dari Dekan FIB-Adab kepada Balai Bahasa Padang dan Prof. Dr. Haris Efendi Thahar sendiri.



0 komentar

Posting Komentar