MagzNetwork

Padang 29 Maret, 58 orang lulusan Fakultas Ilmu Budaya-Adab hari ini dikukuhkan oleh Rektor IAIN Imam Bonjol Padang sebagai sarjana dalam acara wisuda di gedung serbaguna PT Semen Padang bersama 470 orang wisudawan IAIN Imam Bonjol lainnya. Usai acara wisuda dilanjutkan dengan inougurasi wisudawan dan wisudawati FIB-Adab bertempat di Aula gedung D FIB-Adab kampus Lubuk Lintah Padang. Inougurasi wisudawan yang sudah menjadi tradisi ini ditujukan untuk silaturahmi antara civitas akademika fakultas dengan wisudawan bersama orang tua masing-masing.

Kesempatan inougurasi ini, Dekan FIB-A memberikan penghargaan terhadap wisudawan/ti terbaik fakultas, yaitu antara lain : Mela Yunanda dari jurusan Bahasa dan sastra Arab, Siti Zahara dari jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Mukminin dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Amirudin dari Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan serta Riki Wahyudi dari Program Studi Diploma III PAD. Pemberian penghargaan terhadap wisudawan terbaik fakultas ini adalah bentuk apresiasi fakultas terhadap lulusannya yang berprestasi unggul di setiap jurusan yang ada, demikian dikemukakan oleh Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan Dr. Firdaus, M. Ag. Dikemukakan juga bahwa pada wisuda kali ini, alhamdulillah FIB-Adab berhasil sekali lagi menelorkan lulusan terbaik tingkat Institut dengan nilai tertinggi yaitu : Mela Yunanda (jur. BSA) dengan IP 3.85 prediket yudisium Cumlaude, demikian ditambahkan oleh Drs. Firdaus M. Ag. Pembantu Dekan bidang Administrasi Umum FIB-Adab.

Dekan FIB-Adab Drs. Irhash A. Shamad, M. Hum dalam sambutan inuogurasinya mengemukakan bahwa Fakultas Ilmu Budaya-Adab sebagai fakultas dengan visi keilmuan budaya perspektif Islam melahirkan lulusan yang diharapkan berperan dalam masyarakat terutama dalam rangka mengantisipasi perubahan-perubahan budaya global yang telah merambah ke dalam aspek kehidupan masyarakat. Perubahan-perubahan mana, disadari atau tidak, ternyata telah banyak mempengaruhi tatanan ideasional masyarakat serta nilai-nilai keagamaan yang dianut. Selain itu, Dekan juga mengemukakan bahwa lulusan FIB-Adab dari jurusan apapun, setelah kembali ke masyarakat, akan memiliki identitas yang sama di mata masyarakat, yaitu sarjana IAIN sebagai perguruan tinggi agama Islam. Oleh karena itu kepada semua sarjana FIB-Adab diharapkan menunjukkan dan menjaga identitas sebagai intelektual muslim dengan segala tuntutan yang menyertainya di tengah-tengah masyarakat.

Dalam kesempatan inougurasi yang dimeriahkan dengan penampilan tari persembahan oleh sanggar tari Artefaco (Sanggar Tari FIB-Adab IAIN Imam Bonjol Padang) ini, semua lulusan secara resmi diserahkan kepada Keluarga Alumni Fakultas Adab (KAFA) yang diterima oleh Ketua KAFA, Dr. H. Ahmad Shafwan Nawawi, M. Ag.


0 komentar

Posting Komentar