MagzNetwork

FIB-Adab Bentuk 6 Konsorsium dan Luncurkan 6 Jurnal Ilmiah

Diposting oleh Fakultas Ilmu Budaya - Adab | 22.03 | , | 0 komentar »

Fakultas Ilmu Budaya-Adab (FIB-A) pada hari ini Kamis 17 Desember 2009 meluncurkan edisi perdana 5 jurnal jurusan dan 1 jurnal mahasiswa, Keenam jurnal tersebut diterbitkan secara bersamaan mulai tahun ini. Peluncuran ini dilaksanakan seiring pembukaan sidang pleno akhir pembentukan 6 Konsorsium disiplin ilmu yang dikembangkan pada fakultas ini.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya-Adab (FIB-A) dalam sambutannya pada acara pembukaan sidang pleno tersebut menyatakan rasa syukur dan gembira, karena semua program penguatan keilmuan yang telah dirancangkan untuk tahun 2009, akhirnya dapat dilaksanakan tuntas dengan hasil yang cukup memuaskan. Ini sangat beralasan, karena beberapa waktu berselang pada fakultas ini baru saja berhasil menerbitkan enam jurnal jurusan secara serentak, yaitu jurnal "Diwan" (Jurusan Bahasa dan Sastra Arab), jurnal "Khazanah (Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam), jurnal "Kalamistic" (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris), jurnal "Akhbar al-Maktabah" (Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan), jurnal "Shaut al-Maktabah (Program Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi), dan jurnal "Tsaqafy" (Lembaga Kemahasiswaa FIB-A). Kecuali jurnal Tsaqafy, semua jurnal itu diterbitkan dalam dua edisi. Semua jurnal tersebut diluncurkan secara resmi oleh Dekan pada hari ini sejalan dengan pembukaan sidang pleno akhir Konsorsium Keilmuan Fakultas Ilmu Budaya-Adab(FIB-A).

Menurut Dekan, FIB-A sejak beberapa waktu yang lalu telah merancangkan 6 Konsorsium Keilmuan Fakultas, yaitu antara lain : Konsorsium Ilmu Bahasa, Konsorsium Ilmu Sastra, Konsorsium Ilmu Sejarah, Konsorsium Kebudayaan Islam, Konsorsium Ilmu Informasi, dan Konsorsium Lintas Keilmuan. Pleno akhir yang merupakan rangkaian akhir dari pertemuan-pertemuan tim perumus masing-masing kelompok konsorsium itu diharapkan akan menghasilkan Company Profile masing-masing Konsorsium yang akan menjadi acuan untuk perancangan program-program tahunan konsorsium untuk masa 5 tahun ke depan.

Dengan diterbitkannya jurnal-jurnal jurusan serta terbentuknya konsorsium-konsorsium keilmuan ini, maka lengkaplah fondasi dasar bagi program penguatan keilmuan dan peningkatan kualitas akademik pada fakultas ini untuk masa selanjutnya. Diharapkan bersinerginya masing-masing konsorsium dengan penerbitan jurnal jurusan akan memberi nilai tambah tersendiri bagi kualitas dan kuantitas produk ilmiah oleh dosen pada disiplin masing-masing. Demikian juga upaya peningkatan penguasaan keilmuan dan peningkatan metodologi pembelajaran serta penyempurnaan kurikulum dan pengembangan sistem instruksional lainnya pada setiap jurusan akan menjadi lebih efektif, demikian Dekan mengakhiri.



0 komentar

Posting Komentar