MagzNetwork

PadangKini.com, (3 April 2009). Dibukanya program S1 Jurusan Informasi Perpustakaan (IIP) di Fakultas Adab, IAIN Imam Bonjol Padang kian melebarkan sayapnya di dunia akademis untuk meningkatkan intelektualitas di kalangan Perguruan Tinggi (PT). Jurusan IP merupakan program S1 satu-satunya di Sumatera Barat yang dibuka pada 3 Agustust 2007 dan mulai aktif kuliah April 2008. Hingga kini sudah hampir satu tahun berjalan proses belajar-mengajarnya di IAIN IB. Jurusan baru ini tereasisasikan berkat kerjasama antara Dekan Fakultas Adab saat itu, Drs. Yulizal Yunus dengan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Drs. Seganda Prayitno, M.M, dan Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Universitas Padjajaran, Bandung (UNPAD) Prof. Dr. Usman Hardi.

Angkatan pertama jurusan baru ini 88 orang dari alumni Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) D III IAIN Imam Bonjol. Angkatan kedua 49 orang, dari IAIN 28 orang dan UNP 21 orang dengan jalur masuk melalui transfer D III Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) IAIN IB dan transfer D III Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) UNP. Berbeda dari sebelumnya, proses perkuliahan menggunakan sistem cawu (4 bulan), silabus mata kuliah pun disamakan dengan UI, UIN, dan UNPAD. Jurusan IP ini belum menerima mahasiswa baru melalui jalur test atau PMDK karena izin Dirjen Depag dan Dikti masih dalam proses. "Insya Allah dalam penerimaan mahasiswa baru tahun depan akan terwujud," kata Irhas A Shamad, Dekan Fakultas Adab kepada PadangKini.com.

Fakultas Adab menberikan warna baru kepada akademis IAIN IB dengan memberikan fasilitas untuk melancarkan dan mendukung proses pembelajaran dan tenaga pengajar yang benar-benar ahli dan priofesional di bidangnya masing-masing. Dengan tenaga pengajar dari IAIN IB sendiri sebanyak 9 orang dan 11 orang dari UNPAD Fakultas menyediakan labor komputer yang langsung terhubung dengan akses internet secara online. Jurusan IIP ini akan melahirkan para pustakawan profesional. "Saat ini sudah 7 orang mahasiswa yang mendaftar seminar proposal dan insya Allah Agustus mendatang akan menjadi wisudawan perdana," tutur Sekretaris Jurusan PAD Drs. Gusnar Zain, M.Ag.

0 komentar

Posting Komentar